Nama : Febripiseska Rahma
NPM : 14214123
Kelas : 4EA12
BEDAH IKLAN
Iklan Yakult - Cintai Ususmu Minum Yakult Setiap Hari
1. Alasan
Mengapa saya membahas mengenai iklan yakult yaitu karena saya sangat suka minum yakult, karena rasanya yang agak asam, sedikit manis, segar dan membuat tubuh jadi sehat. Mengapa yakult membuat tubuh jadi sehat? Yaitu karena satu botol yakult berisi lebih dari 6,5 miliyar bakteri lactobacillus casei Shirota strain hidup.
Ø Berikut ini Manfaat Yakult
1. Meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh
2. Memperlancar pencernaan
3. Meningkatkan imunitas dan kekebalan dalam tubuh
4. Mengurangi Racun dalam tubuh
5. Menceggah perut kembung
6. Mengikat lamak
7. Mengobati maag
8. Bermanfaaat unntuk mencegah penyakit kronis
9. Tidak mengandung Pengawet
10. Dapat menyeimbangkan jumlah akteri dalam usus
2. Isi/ Materi iklan
Ø Sejarah Berkembangnya Produk Yakult
a. Yakult adalah minuman probiotik mirip yogurt yang dibuat dari fermentasi susu skim dan gula dengan bakteri Lactobacillus casei. Karena L. casei Shirota dapat ditemg112 nui dalam sistem pencernaan, Yakult dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan.
b. Namanya berasal dari jahurto, bahasa Esperanto untuk “yoghurt”. Yakult ditemukan oleh doktor Minoru Shirota pada 1930. Pada 1935, ia mendirikan Yakult Honsha Co., Ltd. (株式会社ヤクルト本社 Kabushiki-gaisha Yakuruto Honsha?) (TYO: 2267) untuk memasarkan minuman ini. Sejak saat itu, Yakult telah memperkenalkan berbagai minuman yang mengandung bakteri Bifidobacteriumbreve, dan telah menggunakan lactobacilli untuk mengembangkan kosmetika. Yakult Honsha juga memainkan peran penting dalam penelitian obat kemotrapi irinotecan.
c. Di Indonesia secara komersial Yakult mulai diproduksi pada tanggal 1 Januari 1991 dari pabrik di Jl. Kiwi Pekayon Pasar Rebo Jakarta. Pada tahun 1997 lokasi pabrik di Pasar Rebo yang berkapasitas 720.000 botol per hari dipindahkan ke Desa Pesawahan, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat dan kapasitas produksi ditingkatkan menjadi 1.800.000 botol per hari.
Produk minuman kesehatan Yakult sangat sensitif terhadap temperatur. Perubahan temperatur sangat berpengaruh terhadap bakteri Lactobacillus casei Shirota strain yang terdapat dalam minuman Yakult. Bakteri Yakult harus dipertahankan hidup, karenanya harus diusahakan agar setelah dibotolkan, bakteri-bakteri tersebut tidak a. lagi melakukan proses fermentasinya. Untuk itu Yakult harus selalu disimpan didalam pendingin (dibawah 10°C) karena penyimpanan didalam pendingin akan menjaga bakteri Yakult tetap non aktif. Berkenaan dengan itu untuk menjaga mutunya, distribusi Yakult ditangani langsung oleh staff perusahaan.
Ø Harga Produk
Dari segi harga Produk Yakult ini sanga terjangkau yaitu hannya 8.500 per pak nya sehingga semua kalangan yang ingin minum yakul sangat mudah dan murah.
Ø Distribusi
Sistem Distribusi yakult terdiri dari 2 jenis :
a. Sistem Direct Sales : Sistem inni digunakan untuk mendistribusikan Yakult ke tokko- toko, supermarket, koperasi, kantin, dll. Distribusi dilkukan menggunakan mobil berpendingin. PT. Yakult Indonesia Persada juga mempunyai 37 cabang atau TKU (tempat kegiatan usaha) yang melayani outlat- outlat yang tersebaar di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.
b. Sistem Yakult Lady yaitu melalui sisteem ini Yakult didistribusikan oleh ibu- ibu rumah tangga kepada masyarakat, Yakult Lady juga melakukan propaganda yang berisi tentang penjelasan mengenai manfaat Yakult. Saaat ini PT. Yakult Indoesia Persada memiliki 1100 Yakult Lady yang tersebar di 93 center- center di seluruh Jakarta, Bogor, Semarang, Yogyakarta, Depok, Tanggerng, Bekasi, Serang, Cilegon, Bandung, Purwakarta, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bali, dan Palembang.
3. Sudut Pandang Komunikasi Bisnis
Iklan Yakult yang di tampilkan dalam blog ini memberikan informasi bahwa Yakult baik diminum oleh semua kalangan baik anak- anak, orang tua, ibu hamil, laki- laki maupun perempuan. Dengan slogan yang dinyannyikan “Cintai Ususmu Minum Yakult Tiap hari” tentunya mempermudah konsumen untuk mengerti dan memahami pesan yang di sampaikan melalui iklan di televisi, dan media elektronik lainnya. Dengan begitu kemunikasi yang disampaikan mudah di cermati, diingat dan yang paling penting memerikan informasi bahwa lebih dari 100 penyakit beraasal dari usus dan cara pencegahannya yaitu dengan minum yakult tiap hari sehingga dapat menjaga imun tubuh dan membuat tubuh sehat.
4. Etika Bisnis
Iklan ini tentunya memberikan dampak positif bagi masyarakat, dengaan informasi yang disampaikan membuat semua kalangan (anak- anak, orang tua, ibu hamil, laki- laki maupun perempuan) ingin menjaga tubuhnya agar tetap sehat, selaain itu masyarakat juga suka dengan rasanya yang asam, agak manis memberikan rasa yang segar. Iklan ini juga di tempilkan secara santai dengan slogan yang dinyanyikan membuat masyarakat mudah mengingatnya dan menggunakan bahasa yang tidak terlalu formal sekalipun iklan ini menginformasikan ahwa kesehatan itu sanga penting tidak menampilkan kesan terlalu sulit dipahami karena di perankan oleh semua kalangan.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar