Nama :
Febripiseska Rahma
NPM :
14214123
Kelas :
4EA12
I. PENDAHULUAN
Komunikasi adalah salah satu kegiatan yang kita lakukan sehari hari terutama
diera moderinisasi ini komunikasi seolah- olah sudah tidak bisa dihindari lagi.
Teknologi merupakan alat, teknik atau cara yang dapat membantu manusia dalam
melakukan pekerjaan sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan, lebih cepat, lebih
baik, atau lebih banyak hasilnya (Haryani, 2001:72). Kemajuan teknologi sangat
terasa di bidang IT atau Teknologi Informasi, Teknologi dan informasi merupakan
aspek penting dalam menunjang kegiatan manusia di berbagai bidang seperti
ekonomi, pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan lain-lain.
Kemajuan teknologi dalam komunikasi telah memungkinkan terciptanya kerja sama
dengan berbagai pihak, kapan pun dan dimana pun berada. Penggunaan internet,
e-mail, voice mail, dan faks memudahkan orang- orang untuk bekerja tidak dalam
satu lokasi. Bekerja atau mengerjakan tugas tidak perlu dilakukan di kantor konvensional
atau selalu berkumpul bersama teman- teman dikampus, tetapi juga bisa di rumah,
di jalan, atau di berbagai negara. Tapi apakah komunikasi yang kita lakukan
sudah baik? Apabila komunikasi bisnis berjalan lancar, benar, dan efektif maka
kegiatan bisnis akan berkembang, serta akan terjalin hubungan baik antara
pebisnis dengan costomer. apabila tidak berjalan dengan baik maka tidak akan
maju suatu usaha atau bisnis dan terjalin komunikasi yang tidak bagus pula.
II.
PEMBAHASAN TEORI
1. Keuntungan Menguasai Teknologi Informasi
Kemajuan yang telah dicapai manusia dalam bidang Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) merupakan sesuatu yang patut kita syukuri karena dengan
kemajuan tersebut akan memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas
yang harus dikerjakannya. Namun, tidak semua kemajuan yang telah dicapai
tersebut membawa dampak positif. Diantara kemajuan yang telah dicapai tersebut
ternyata dapat membawa dampak negatif bagi manusia. Dibawah ini akan dipaparkan
dampak positif (keuntungan) dan negatif(kerugian) dari penggunaan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam bidang sosial, pendidikan, ekonomi, dan
pemerintahan.
a.Dalam Bidang Sosial
Keuntungan :
Kemajuan
teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu
tempat dan tempat yang lain.
b. Dalam
Bidang Pendidikan
Keuntungan :
·
Informasi
yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan
pendidikan.
- Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
- Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasisteleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
- Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK
C. Dalam bidang bisnis :
Keuntungan
·
Munculnya
peluang bisnis baru yakni E-Business.
Dengan
kemajuan teknologi dan informasi, hal tersebut mendorong beberapa orang untuk
menciptakan beberapa inovasi yang sangat menguntungkan dan bisa dijadikan
sebagai ranah bisnia yang sangat menguntungkan bagi semua orang. Salah satu
bukti nyata bisnis baru yang merupakan pemanfaatan kemajuan teknologi dan
informasi adalah Google. Google merupakan salah satu contoh dari E-Commerce
atau E-Business. E-Business merangkap berbagai hal seperti teknologi jaringan,
lowongan pekerjaan, layanan customer, dll. Google merupakan sebuah bukti nyata
dimana search engine tersebut banyak digunakan oleh semua orang dan memudahkan
semua orang dalam mencari sesuatu di internet. Hal yang paling penting adalah,
Google meraup banyak keuntungan dari hal tersebut.
·
Memperluas
Pangsa Pasar.
Salah satu manfaat
teknologi informasi dalam bidang bisnis adalah memperluas pangsa pasar. Dengan
adanya kemajuan teknologi dan informasi, para pelaku bisnis dapat memantau
beberapa daerah yang berprofit tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup
keuntungan demi keberlangsungan bisnis yang mereka lakukan. Contohnya,
Indonesia merupakan sebuah negara yang terdiri dari banyak SDM yang mencapai
angka ratusan juta. Hal ini menarik para pelaku bisnis besar untuk mengepakkan
sayap dan memproduksikan bisnisnya ke Indonesia. Hal tersebut menjadi salah
satu contoh dalam upaya para pelaku bisnis dalam memperluas usaha bisnisnya.
·
Mengurangi
biaya produksi dan operasional.
Kemajuan
teknologi dapat membantu setiap perusahaan dalam mengurangi biaya produksi dan
juga mengurangi operasional. Hal tersebut bisa terlihat dari setiap perusahaan
yang menggunakan mesin dalam melakukan pekerjaannya. Hal tersebut dapat
membantu setiap perusahaan dalam mengurangi biaya produksinya sehingga mereka
bisa mencapai prinsip ekonomi dimana mereka dapat mendapatkan keuntungan yang
besar dengan hanya mengelurkan pengeluaran yang sedikit. Manfaat IT yang
lainnya yaitu mengurangi operasional setiap perusahaan sehingga hal ini dapat
menambah jumlah produksi setiap perusahaan dalam memproduksi barang produksinya.
Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi setiap perusahaan terutama bagi mereka
yang sudah menerapkan teknologi yang canggih dalam perusahaannya
·
Mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan.
Manfaat
IT yang terakhir bagi dunia bisnis adalah mempermudah proses komunikasi dan
monitoring setiap karyawan yang bekerja. Untuk proses komunikasi, setiap
karyawan tidak perlu lagi repot-repot datang ke ruang rapat dan berkumpul
bersama. Mereka bisa melakukan teleconference untuk saling berkomunikasi
mengenai beberapa ide. Hal ini membuat rapat menjadi lebih praktis dan
menyenangkan tanpa perlu jauh-jauh datang ke tempat rapat. Selain itu, hal
tersebut juga bisa digunakan untuk mengawasi kinerja para karyawan. Sang
pemimpin perusahaan bisa tetap mengawasi kinerja karyawan dalam perusahaannya
dengan memakai beberapa metode seperti metode komunikasi dengan mangaer dari
perusahaan tersebut.
2.
Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Komunikasi Bisnis
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi
diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif
atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan. Komunikasi adalah persepsi dan
apresiasi. Persaingan yang keras dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan
suatu perusahaan yang dapat menangani akan hal itu diberbagai situasi yang
menantang. Semua bisnis tentunya juga membutuhkan semua informasi yang sangat
aktual, cepat dan dapat dipercaya, yang mana bisa semua permasalahan tersebut
hanya bisa diselesaikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi ( ICT ).
Pergerakan bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data dan
informasi) yang lebih lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok, dan,
bahkan, dalam menghadapi persaingan.
3. Pengaruh
Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pengambilan Keputusan Bisnis
Membuat Keputusan (Desicion Making)
Membuat Keeputusan (desicion making) adalah suatu proses memilih
alternatif tertentu dari beberapa alternatif yang adaa. Jadi, membuat keputusan
adalah suatu proses memilih antara berbagai macm cra untuk melaksanakan
pekkerjaan. Semakin berpengalaman dalam pengambilan keputusan, semakin beesar
pula kepercayaan diri yang akan semakin berorientasi pula pada suatu tindakan.
Jika seorang wirausaha mampu mengambil suatu keputusan dalam batas – batas
waktu yang masuk akal, mungkin ia mampu mmengambil suatu keputusan yang
menguntungka sehingga sewaktu- waktu muncul peluang- peluang bisnis. Di sini
seorang wirausaha harus cepat mengambil suatu keputusan agar dapat menggunakan
kesempatan sebaik- baiknya. Wirausaha yang inginn maju dalam bisnisnya, harus
dapat memuttar alak dengan mengaandalkan intuisi, ide- ide yang kreatif dan inovatif.
Mereka juga harus memandang persoalan dalam konteks yang lebih luas, sambil
mengingat bahwa keputusan- keputusan (desicion
making) tapa bantuan data- data kuantitatif (data entuk angka- angka) atau
dukungan staf yang berpengalaman. Keberhasilan seorag wirausaha didalam bisnis,
tergantung pada masa yang aka datang. Kemampuan membuat keputusakn dapat
diperoleh dari pengalaman selama bertahun- tahun. Akan tetapi, dalam prakteknya
pasti ada kesalahan- kesalahan yang harus disadari dan diambil tindakan
pembetulannya.
III. KESIMPULAN
Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi menuntut
manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang
tujuannya adalah mendapatkan profit, hasil, maupun kondisi yang terbaik yang
dapat dicapai. Seiring kemajuan Teknologi mempermudah berjalannya kegiatan
bisnis, terutama dalam komunikasi bisnis. Pebisnis tidak perlu bertatap muka
dengan costomer, semua dapat dengan mudah dengan system komputerisasi.
Penggunaan teknologi yang benar dalam dunia bisnis akan mendukung kegiatan
bisnis untuk meningkatkan produktivitas, efisiensasi waktu, mengurangi biaya
operasional, meningkatkan hubungan dengan konsumen, dan dapat membuat system
strategi bisnis yang baru. Peranan Teknologi informasi ini tentu saja untuk
mempermuda akses pebisnis dan konsumen, membuka peluang bisnis, dan memberikan
apa yang dibutuhkan oleh orang-orang untuk menyampaikuan komentar, kritik dan
saran untuk terus berinovasi hingga menciptakan sesuatu yang baru untuk
kemajuan peradaban manusia.
Persaingan yang keras dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan suatu
perusahaan yang dapat menangani akan hal itu diberbagai situasi yang menantang.
Semua bisnis tentunya juga membutuhkan semua informasi yang sangat aktual,
cepat dan dapat dipercaya, yang mana bisa semua permasalahan tersebut hanya
bisa diselesaikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT). walaupun
praktek komunikasi bisnis menggunakan peran teknologi informasi dan komunikasi
akan tetapi keberhasilan komunikasi itu disebabkan oleh kemampuan dari individu
itu sendiri.
SUMBER :
https://reviindah.wordpress.com/2015/04/25/teknologi-informasi-dalam-komunikasi-bisnis/
http://prihastiwisetyowati.blogspot.co.id/2016/03/komunikasi-bisnis.html
https://maulanaarismaya.wordpress.com/2016/03/21/peranan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-bisnis/
http://iqbalnf-freesoul.blogspot.co.id/2016/03/peranan-teknologi-informasi-dan.html
http://restuanindita.blogspot.co.id/2015/05/teknologi-informasi-dalam-komunikasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar