Rabu, 04 Oktober 2017

SOFTSKILL KOMUNIKASI BISNIS

 

Nama : Febripiseska Rahma
NPM : 14214123
Kelas  : 3EA12
Tugas : SOFTSKILL KOMUNIKASI BISNIS

A. Latar Belakang
Di era yang semakin modern ini tentu komunikasi sangat penting apalagi saat ini teknologi semakin berkembang segingga mempermudah untuk berkomunikasi dengan orang lain baik secara langsung ataupun tidak langsung, bukan hanya kebutuhan primer saja bahkan kebutuhan sekunderpun bisa di lakukan dan di penuhi karena mudahnya berkomunikasi, bahkan transaksi apapun bisa di lakukan dimanapun dan kapanpun  sesuai kebutuhan kita, terutama transaksi jual beli yang dulunya dilakukan dengan cara penjual dan pembeli harus saling bertemu, namun saat ini cara tersebut dapat ditiadakan. Dengan adanya internet seorang penjual dapat memasarkan barang dagangannya melalui suatu web penjualan dan pembeli memesan barang yang diinginkan serta melakukan transaksi tanpa bertemu dengan penjualnya. Maka barang yang diinginkan pun dengan mudah dapat diterima.


  Terdapat  beberapa  faktor  yang  mempengaruhi  belanja  melalui  media internet, yaitu: (Kotler & Amstrong, 2001; Hawkins, Mothersbaugh & Best,2007).
1.  Kenyamanan: konsumen tidak perlu bergelut dengan lalu lintas, tidak perlu mencari parkir dan berjalan ke toko. 
2.   Kelengkapan Informasi: konsumen dapat berinteraksi dengan situs penjual unutk mencari informasi, produk atau jasa yang benar-benar konsumen inginkan, kemudian memesan atau men-download informasi di tempat. 
3.   Waktu: Konsumen dapat memeriksa harga dan memesan barang dagangan selama 24 jam sehari dari mana saja. 
4.  Kepercayaan konsumen: efek penyesalan dan kekecewaan pembelian terhadap evaluasi pemilihan berikutnya, kejadian-kejadian dan tindakan konsumen yang mengawali perilaku membeli sebenarnya, keamanan pengir 
> Contoh Kasus :
Seperti yang saya lakukan pada beberapabulan yang lalu, saya memesan barang lewat media penjualan online melalui media instagram dengan nama akun online shop Humb**_*tuff_. Ketika saya membuka situs penjualan online tersebut saya tertarik dengan Hijab yang kebetulan dijualdan sedang diskon besar-besaran tersebut. Kemudian saya pesanlah barang tersebut sesuai dengan prosedur yang ditentukan. Tak lama setelah barang itu saya pesan, beberapa hari kemudian barang ttersebut samapi. Awalnya saya merasa senang dengan waktu pesanan saya diantarkan dengan sangat cepat tetapi saat saya membuka barang tersebut tidak memuaskan .  Karena kualitas barangnya pun tidak sesuai dengan yang saya harapkan, warna, tidak adanya merek pada hijab dan bahan hijab yang saya beli tidak sesuai dengan penjelasan yang tertera pada photo diinstagram dan ketika saya tanyakan kepada pihak penjual menjelaskan bahwa seri warna bahan tersebut tidak selalu sama dan barang yang sudah sold out akan tetap diproduksi dengaan bahan yang berbeda dan tidak ada mereknya.

C. Teori
1. Pengertian Komunikasi Bisnis
> Pengertian Komunikasi Secara Umum adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah.

> Pengertian komunikasi bisnis menurut Rosenbaltt (1982:7): “Business Communication are purposive interchange of ideas, opinions, information, instructions, and the like, presented personally or impersonally by symbols or signal as attain the goals of the organizations” (Komunikasi Bisnis adalah pertukaran ide-ide opini, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda, untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan)

2. Unsur- unsur komunikasi

 

 3. ada 7 aspek komunkasi dapat terjadi, yaitu ;

1. Adanya manusia.(dalam kegiatan pembelian secara online yaitu pihak online shop dan konsumen.)

2. Adanya pesan.(dalam kegiatan pembelian secara online yaitu pesan yang di terima oleh pihak online shop maupun yang di kirim oleh konsumen.)

3. Saluran.(dalam kegiatan pembelian secara online saluranya adalah media online instagram.)

4. Gangguan

5. Konteks.(dalam kegiatan pembelian secara online konteksnya adalah pembelian pakaian.)

6. Umpan balik .(dalam kegiatan pembelian secara online umpan baliknya adalah terjadinya transaksi baik itu dari pihak online shop ataupun konsumen.)

7. pengaruh.(dalam kegiatan pembelian secara online pengaruhnya adalah kepuasan untuk konsumen karena bisa mendapatkan barang yang di inginkan dan laba untuk pihak penjual atau online shopnya.)

D. Analisis Kasus

Komunikasi Bisnis merupakan komunikasi yang ditunjukan atas serangkaian tujuan komersil yang meliputi pertukaran ide, pesan ataupun konsep daalam rangka mencapai tujuan bisnis yang sedang dijalankan.
Behubung saat ini perkembangan teknologi semakin cepat berkembang tentunya berkomunikasi dapat lebih mudah untuk di lakukan oleh setiap orang terutama dalam jual- bali suatu barang yang tentunya perlu besnegosiasi dengan berkomunikasi agar mencapai kesepakatan bersama.kemudian juga berdasarkan contoh yang sudah saya jelaskan apabila ingin melakukan transaksi jual- beli barang harus lebih selektif dalam membeli barang secara online terutama barang yang didiskon secara besar- besaran dan lebih baik tidak mudah tergiur dengan hal tersebut, selain itu banyaknya penjual yang mengupload photo yang tidak sesuai dengaan aslinya, meskipun tidak semuaa online shop melakukan hal tersebut namuan alangkah lebih baaiknya ika kita krritis dalam menanyakan secaara detail mengenai barang appa yang akan dibeli
 adapun keterkaitan proses komunikasi dan unsur-unsur komunikasi dengan kegiatan pembelian hijab secara online yaitu ;

> Proses komunikasi pemesanan barang

1. Pengirim mempunyai gagasan. Dalam kegiatan ini pembeli memilih banyak rekomendasi atau pilihan mengenai produk hijab yang di jual.

2. Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan. Dalam kegiatan pembelian secara online yaitu keinginan dari konsumen akan produk hijab yang di jual dan di ubah menjadi keputusan dan akan disamaikan pada pihak online shop melalui media online seperti instagram, whatsApp, Line dll.

3. Pengirim menyampaikan pesan. Dalam kegiatan pembelian secara online yaitu konsumen menyampaikan pesan kepada pihak online shop melalui media online seperti instagram.

4. Pengirim menerima pesan. Dalam kegiatan pembelian secara online yaitu pihak online shop menerima pesan dari konsumen melalui media online seperti instagram,whatsApp, Line dll.

5. Pengirim menafsirkan pesan. Dalam kegiatan pembelian secara online yaitu pihak online shop melihat apa yang di inginkan konsumennya.

6. Penerima memberi respon dalam kegiatan pembelian secara online.

Dibawah ini merupakan gaambar dari Proses Komunikasi Bisnis


 


       Referensi

http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2017/04/pengertian-tujuan-dan-unsur-unsur-komunikasi-bisnis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar